Lembaga Ta’mir Masjid (LTM) NU Tajurhalang Segera Dibentuk

PCNU Kab.Bogor, Warta- Berbarengan dengan kegiatan Dzikrul Ghofili. Pengurus LTMNU Kabupaten Bogor melakukan Pembentukan & Pelantikan Lembaga Ta’mir Masjid (LTM) Tajurhalang belum lama ini (21/7/2020).

Ketua Tanfidziyah MWCNU Kecamatan Tajur Halang, Ustdz Sihabudin, MPd menerangkan. Tim yang telah dibentuk akan membantu proses pembentukan LTM MWCNU Kecamatan Tajur Halang.

“Sinergitas seperti ini sangat diperlukan. Kita bisa menggodok bersama suatu permasalahan setujuan,” ucapnya.

Dalam hal ini, sambung dia, tujuannya adalah untuk memakmurkan masjid, musholla serta majelis ta’lim yang ada di khususnya kecamatan Tajur Halang,

Sebelum pembentukan dan pelantikan LTM MWCNU Tajur halang diawali dengan tawasul dan pembacaan Dzikrul Ghofilin berjamaah yang dipimpin oleh KH. Zabidi Nawawi – Rois Syuriah MWCNU Tajur Halang.

Kyai Zabidi menegaskan, ritual agama yang secara turun temurun berlangsung harus dilestarikan.

“Cara inilah yang diajarkan para guru-guru kita, sebelum mengambil sikap atau keputusan yang penting. Dengan bertawasul, semoga kita mendapat kelancaran dan keberkahan dari Allah oleh sebab kemuliaan yang ditawasuli,”pungkasnya.

Baca Juga:  Gismas Menjawab Kebutuhan Musholla

Kesempatan yang sama, H. Agus Riadi, ketua PC LTMNU kabupaten Bogor berharap . Harokah pengurus LTM MWCNU di kecamatan Tajur Halang memiliki tantangan yang berat. “This is a challenge. Should be responded well”. How to over come? We have to Collaborative, sinergy and complete actions in detail. Kita harus berkolaborasi, bersinergi dan meramu harokah yang sedetail mungkin untuk menghadapi tantangan ini.

Agar ada pengurus yang memiliki keahlian komputer untuk pendataan, pemetaan (mapping), dan pengklasifikasian masjid musholla beramaliyah Aswaja an-Nahdliyah dan atau jamaah Nahdliyin.

Ini diperlukan untuk melindungi jamaah Nahdliyin tidak terkontaminasi minhum. Syukur bisa ibuat semacam koordinat tertentu sehingga terpetakan masjid mushola beramaliyah Aswaja an-Nahdliyah. Ini akan memudahkan dan memberi kenyamanan beribadah bagi siapapun, khususnya warga Nahdliyin setempat maupun tamu yang singgah.

Ada aksi LTMNU dalam menyapa pengurus dan jamaah masjid berupa program Bersih-Bersih Masjid Berkah gratis. Selain untuk tujuan silaturahmi, juga aplikasi langsung menanamkan aksi ” Afiatan fil Jasadi ” bagian dari rangkaian Do’a yang lazim dimohonkan kepada Allah. Setelah masjid di BBM Berkah, kita tempel stiker bahwa ” Alhamdulillah mesjid ini telah di BBM Berkah oleh tim LTM MWCNU (Tajur Halang atau LTM MWCNU lainnya) bekerjasama dengan pengurus dkm dan jamaah masjid”.

Baca Juga:  NU Sukaraja Santuni 100 Dhuafa

Gismas itu apa pa Haji? Tanya calon pengurus LTM MWCNU Tajur Halang.

Kenapa perlu digulirkan program Gismas untuk kemandirian keuangan masjid?
Ya karena jika dan hanya jika mengandalkan proposal kepada pemerintah pusat, daerah untuk membiayai operasional dan pembangunan masjid bisa telat.
Karena, kemampuan pemerintah untuk pembiayaan hal ini juga terbatas. Apalagi jumlah proposal serupa menumpuk bukan hitungan puluhan, tetapi bisa ratusan. Ini pun tersortir dengan skala prioritas dan juga tidak bisa menapikan adanya hubungan harmonis kita.
Secara akumulasi dana pemerintah pun, terkumpul dari bagian terbesarnya adalah pajak dan retribusi yang dibayar masyarakat. Berarti pemerintah saja duitnya dari rakyat.

Oleh sebab itu, kita mengetuk rakyat atau jamaah sekitar masjid untuk peduli dan bersama-sama dalam pembiayaan operasional dan pembangunan serta pengembangan fungsi masjid. Biasakan swadaya, mandiri. Salah satu caranya, melalui kenclengan Gismas. Alokasi dari dana Gismas yang terkumpul dimusyawarahkan bersama dengan pihak-pihak yang berkepentingan, mulai dari Pengurus masjid, tokoh masyarakat, jamaah masjid pejabat setempat (ketua RT dan RW atau Kades) atau para donatur lainnya. Di sini pengurus LTMNU berperan selaku muharrik (penggerak ) dalam memakmurkan masjid memberi solusi terbaik yang memenuhi harapan para pemangku kepentingan tersebut, jawab haji Agus bersemangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *