Seru! Momen Buka Puasa Bersama di Pesantren

 Seru! Momen Buka Puasa Bersama di Pesantren

Bogor, PCNU- Meskipu terjadi khilafiyyah mengenai amalan ibada sunah puasa Rajab. Banyak pondok pesantren di Kabupaten Bogor yang menghimbau santrinya untuk berpuasa.

Salah satunya di Pondok Pesantren Mistahul Ulum, Desa Cogreg, Kecamatan Parung. Ratusan santri nampak berbahagia menyantap hidangan berbuka.

“Alhamdulillah, para santri senang berpuasa. Karena itu para santri rencananya akan berpuasa selama 15 hari,” kata Pimpinan Umum Pondok Pesantren, Ustdz M Rusydi pada Senin (13/2/2021).

Baca Juga :  Keutamaan Ibadah di Bulan Rajab

Ia menerangkan, berdasarkan kitab karangan al-Syaukani dalam Nailul Authar, bahwa Ibnu Subki meriwayatkan dari Muhammad bin Manshur al-Sam’ani yang mengatakan bahwa tidak ada hadits kuat yang menunjukkan kesunahan puasa Rajab secara khusus.
 
Namun demikian, seandainya seluruh hadits yang secara khusus menunjukkan keutamaan dan kesunahan berpuasa pada bulan Rajab belum kokoh dijadikan landasan, maka riwayat tentang tradisi puasa Rasulullah, dan hadits-hadits yang menganjurkan atau memerintahkan berpuasa dalam bulan-bulan haram (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab) itu cukup menjadi hujjah atau landasan. Di samping itu, karena juga tidak ada dalil kuat yang memakruhkan puasa di bulan Rajab.
 

Related post