Syukuri Kemerdekaan, Santri Pondok Pesantren Al Mukhlishin Gelar Lomba Edukasi dan Upacara

 Syukuri Kemerdekaan, Santri Pondok Pesantren Al Mukhlishin Gelar Lomba Edukasi dan Upacara

PCNU Bogor- Ratusan santri menggelar upacaya bendera. Dengan disiplin prokes, para santri Al Mukhlisin memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-76 dan serangkaian kegiatan edukatif, pada Selasa (17/08/2021).


Dalam acara teraebut, seluruh santri, guru dan pengurus yayasan Pondok Pesantren Al Mukhlishin.
Dalam sambutannya, Ir. Iin Indra Ningsih Abidin sebagai Ketua Umum Yayasan Pondok Pesantren Al Mukhlishin Ciseeng Bogor mengajak para guru dan siswa untuk tetap semangat meneruskan perjuangan para pejuang yang telah menghadiahkan kemerdekaan.


“Alam kemerdekaan adalah sarana hidup dan kehidupan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, menumbuhkan kebwranian, kebersamaan, saling bergotong royong, untuk meningkatkan keterampilan diri, serta melaksanakan kewajiban tholabul ilmi, demi mengisi kemerdekaan dan mengharap Ridho Allah,” tegasnya dalam sambutan upacara pada Selasa (11/08/2021).


Bangsa yang besar, sambung dia, adalah bangsa gemar belajar dan senang berikhtiar. Karenanya, cerdik dalam memanfaatkan waktu dan semangat dalam belajar sangatlah penting.

Baca Juga :  Kagum kepada KH Hasyim Asy’ari, Awal Warga Asli Malaysia Dirikan NU


“Ilmu tidak dapat diraih dalam sekejap, ia membutuhkan proses, pengorbanan, kesungguhan dan kecerdasan dalam menggunakan waktu luang untuk terus semangat belajar menuntut ilmu pengetahuan di pondok pesantren,” pungkasnya.

Senada, Ida Hafidah, Ketua Pembina Yayasan Al Mukhlishin menerangkan, peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Indonesa yang ke-76 ini menjadi moment penting untuk refleksi dan evaluasi. Sehingga semangat perjuangan dapat di ekspresikan secara kontekstual. “Saatnya jiwa patriotisme (semangat kepahlawanan) kita dibangkitkan dengan cara giat belajar, juga rajin mengajar,” tuturnya.

Drs. Nanang Isom, MA. M.Si, Wakil Kepala Pondok Pesantren Al Mukhlishin Ciseeng Bogor menerangkan, pelaksanakan kegiatan upacara pengibaran bendera merah putih ini dilaksanakan dengan disipin, tertib, penuh semangat hingga acara upacara terselenggara tetib. 


“Kami ucapan terima kasih yang tidak terhingga kepada Ustadz Fathan Mubina, Sarjana Sastra Inggris., Ustadzah Yayuk Sarifah, Sarjana Pendidikan Islam dan seluruh para Pembina Kamar yang telah mendukung dan memberikan semangat HUT kemerdekaan dalam memperingati Kemerdekaan RI ke-76 di Pondok Pesantren Al- Mukhlishin sehingga kegiatan berjalan dengan baik dan tertib,” ucapnya.

Baca Juga :  Ponpes Al Mukhlishin Berbagi Ribuan Bingkisan Qurban


Kebahagiaan menyambut hari kemerdekaan, kata Nanang,  telah diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan. Dari mulai tanggal 10 Agustus 2021 yang baru lalu, Para Santri Pondok Pesantren Al- Mukhlishin melaksanakan doa bersama sebagai bentuk tasyakur binnikmah dalam momentum memperingati tanggal satu Muharamn 1443 Hijriyyah untuk bangsa Indonesia. Serta berdoa agar masa pandemi segera terlewati.
 Dilanjutkan dengan Kegiatan tanggal 14 Agustus para santei memperingati hari Pramuka Indonesia yang ke-60. Selain itu, para santri bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STAI AlMukhlishin menyelenggarakan lomba religius Online dalam rangka menyambut dan mensyukuri Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke- 76 pada tanggal 15 Agustus 2021 kemarin. 


“Semoga kegiatan dalam mensyukuri nikmat kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini menjadi amal pengabdian yang bernilai ibadah dan kegiatan memperingati hari kemerdekaan Indonesia ini menjadi pembelajaran bagi kita semua,” tuturnya.
Di tempat yang sama, Indah Kurnia, SE, Bendahara Yayasan Al Mukhlishin menerangkan, kegiatan tersebut memberikan efek edukasi dan kemandirian bagi para siswa. Dari kemandirian menghimpun dana manajerial dana kegiatan hingga berinovasi menciptakan kegiatan yang menghibur serta bernilai edukasi.

Baca Juga :  LKKNU Kabupaten Bogor Sebar Ratusan Bingkisan Sembako ke Pantu Asuhan di Indonesia


 “Selain ilmu para santei juga memperoleh banyak pengalaman dan kepercayaan diri. Percaya kepada kemampuan diri sendiri juga merupakan rahasia kesuksesan serta pintu kemajuan dan keluhuran derajat,” bebernya.


Karenanya dia mengucapkan trimakasih pada Pengurus Iksan Putra dan Iksan Putri Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Ke-76 Tahun 2021 dengan dukungan Kepala Asrama Putra, Kepala Asrama Putri, Para Pembina Kamar, Pengurus Pondok, dan Para Kepala Unit berserta Para Wakil Pendidikan Islam Pondok Pesantren Al-Mukhlishin. (*)

Related post